KAPASITAS KALOR & ASAS BLACK

Descrição

Ketika panas diserap oleh suatu sistem, perubahan suhu mungkin atau mungkin tidak terjadi, tergantung pada keadaan sistem.
Halimah Al Hasanah
Notas por Halimah Al Hasanah, atualizado more than 1 year ago
Halimah Al Hasanah
Criado por Halimah Al Hasanah mais de 2 anos atrás
24
0

Resumo de Recurso

Página 1

KONSEP KAPASITAS KALOR

Jika kita memanaskan sepanci air diatas kompor, memanaskan besi, ataupun perak pada massa yang sama dan memanaskannya hingga mencapai suhu yang sama, apakah energi yang diperlukan juga sama? Jawabannya adalah, TIDAK. Ketika kita memanaskan sepanci air di atas kompor, kita mungkin membutuhkan waktu 15 menit untuk menaikkannya dari suhu kamar ke suhu didihnya. Tetapi jika kita meletakkan besi dengan massa yang sama pada nyala api yang sama, kita akan menemukan bahwa besi akan naik melalui kisaran suhu yang sama hanya dalam waktu sekitar 2 menit. Untuk perak, waktunya kurang dari satu menit.

Página 2

Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Hal ini terjadi dikarenakan, 1 gram air membutuhkan energi 1 kalori untuk menaikkan suhunya menjadi 1 derajat Celcius. Sedangkan, hanya dibutuhkan sekitar seperdelapan energi untuk menaikkan 1 gram besi untuk menaikkan suhunya. Sehingga dapat dikatakan, air menyerap lebih banyak panas per gram daripada besi untuk perubahan suhu yang sama. Dapat dikatakan air memiliki kapasitas panas yang lebih tinggi. Maka, kapasitas kalor adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk melepaskan atau menyerap panas pada suatu sistem untuk menaikkan suhu sebesar 1°C. Dapat diberikan kapasitas kalor rata-rata sebagai berikut:   \[rata-rata = \frac{Q}{T_f - T_i} \]

Página 3

ASAS BLACK

Kita tahu bahwa arah aliran kalor adalah dari suhu yang tinggi ke suhu yang rendah. Ini menyebabkan suhu yang setimbang antara benda satu dan lainnya. Pada peristiwa ini kalor yang dilepas oleh benda bersuhu tinggi sama dengan kalor yang diterima oleh benda bersuhu rendah. Kejadian ini disebut Asas Black. Lihatlah gambar di bawah ini:

Página 4

ASAS BLACK (2)

Berdasarkan gambar yang telah ditampilkan sebelumnya ditampilkan perhitungan yang digunakan adalah sebagai berikut: \[{Q_{lepas}} = {Q_{terima}}\] \[{m_1} {c_1} {(T_1-T_a)} = {m_2} {c_2} {(T_2-T_a)}\]  

Semelhante

AQA Physics P1 Quiz
Bella Statham
GCSE AQA Physics - Unit 3
James Jolliffe
Using GoConqr to study science
Sarah Egan
GCSE AQA Physics 1 Energy & Efficiency
Lilac Potato
Waves
kate.siena
Forces and their effects
kate.siena
Forces and motion
Catarina Borges
Junior Cert Physics formulas
Sarah Egan
OCR Physics P4 Revision
Dan Allibone
P2 Radioactivity and Stars
dfreeman
Physics 1A - Energy
Zaki Rizvi